*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Minggu, 19 Januari 2014

Ide Mengalir Lagi dan Lagi



Beraneka ragam bisnis kian menyemarakkan kancah perekonomian dewasa ini. Semuanya hadir dan dilandasi ide yang cemerlang dari para kreator bisnis tersebut. Lantas bagaimanakah memicu munculnya ide bisnis?

Ide bersifat abstrak dan tidak bisa dilihat, bisa datang tiba-tiba, kapan pun ia ingin hinggap di pikiran, sehingga membuat anda punya dasar kreatif untuk menciptakan karya-karya baru. Namun demikian, Proses dimana ide dapat muncul di pikiran bukanlah suatu hal yang kebetulan, ide memiliki alasan untuk itu.

Ada tips-tips menarik yang bisa dipraktekkan untuk membuat ide dapat mengalir deras, cukup sederhana, namun memiliki alasan yang logis sebagai proses dalam menyalurkan ide-ide kreatif di pikiran kita. Berikut beberapa tips untuk membuat ide mengalir dengan mudah :
1. Be Fun
Jadilah orang yang ceria, kapan dan di mana saja. Kondisi ceria membuat pikiran kita fresh dan merenggangkan urat syaraf. Memang bukanlah hal mudah untuk bisa fun setiap saat, namun hal tersebut bisa dibiasakan dengan melakukan hal yang menyenangkan untuk mengembalikan kondisi pikiran ke dalam keadaan fun.

2. Tetap Tenang
Anda akan mudah berhadapan dengan yang namanya 'kejar deadline'. Entah karena klien yang butuh cepat, atau andanya yang malas-malasan hingga kerjaan molor , tapi apapun itu..tetaplah tenang! Kepanikan membuat kita tidak bisa berpikir dengan baik. Tarik nafas dalam-dalam, lakukan berulang-ulang hingga keadaan lebih tenang dan anda dapat berpikir dengan baik.

3. Jadilah seorang Kolektor
Jadilah, kolektor karya-karya penulis yang bagus, kumpulkan brosur, poster, stiker, gambar, wallpaper sebanyak mungkin. Pikiran diibaratkan seperti sebuah space untuk menyimpan data dari apa yang anda lihat, dengar dan rasakan. Semakin banyak hal bagus yang kita lihat, maka semakin banyak referensi yang kita punya dan dimunculkan dalam pikiran kita pada suatu saat, di saat kita butuh.

4. Bergabung dengan komunitas yang sesuai.
Ada banyak forum yang sesuai dengan minat dan bakat anda baik dalan bahasa indonesia maupun bahasa inggris yang bisa anda temukan di internet, bergabunglah di sana. Selain tambah ilmu, juga ide dan kreatifitas biasanya akan lebih mudah muncul.

5. Cobalah hal-hal baru
Jangan sungkan untuk mencoba dan menikmati hal-hal baru. Tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu di hari minggu untuk pergi ke tempat yang belum pernah didatangi dan berpetualang melakukan hal baru. Ingat! melihat banyak, berarti menyimpan banyak.

6. Abaikan semua aturan
Bukan peraturan lalu lintas tentu saja.. Aturan disini berarti rambu-rambu yang biasanya mengekang kita dalam berkarya, misalnya..harus beginilah..harus begitulah.. dan bla-bla bla. Praktekkan hal ini walaupun rambu-rambu itu memang harus anda patuhi (misal rambu-rambu dari klien). Hal ini semata-mata untuk mendatangkan inspirasi, membuat kita berpikir bebas dan mendatangkan ide-ide baru untuk selanjutnya disesuaikan dengan rambu-rambu yang tetap harus kita patuhi.

7. Bergaul di luar komunitas anda
Bergaul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan minat dan bakat memang mengasikkan. Namun cobalah untuk menjelajah keluar dan berbaur di luar komunitas anda, Bisa dengan musisi, selebritis dll. Hal ini akan membuka cakrawala baru di pikiran, memperluas pola pikir dan melatih untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda, Sehingga tentu saja akan ada ide baru yang mendukung usaha anda.

8. Perhatikan detail
Belajar untuk memperhatikan detail adalah hal yang penting. Ada banyak kerugian yang akan didapati jika anda mengabaikan suatu detail dalam pekerjaan. Cobalah untuk melihat setiap detail setiap objek yang anda lihat, papan nama toko di jalan-jalan misalnya. Lihat dan pelajarilah bagaimana sebuah objek tampak menarik hanya karena beberapa detail yang kerap kita abaikan selama ini.

9. Hidup Sehat
Ini adalah yang paling susah untuk dipraktekkan oleh sebagian orang selama ini. Tapi, mengatur pola hidup adalah suatu hal yang sangat penting untuk membuat pikiran fresh dan membuat ide mengalir deras. Biasakanlah untuk memperhatikan pola makan, pola tidur dan berolahraga.

Nah cukup sederhana bukan. Siapa saja mampu melakukannya. Yang paling penting adalah komitmen kita untuk melakukannya dengan konsisten dan kontinyu sehingga mampu mendatangkan manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar