*_* selamat datang kembali di blogkita *_* nikmati berbagai artikel menarik dan inspiratif *_* terima kasih telah berkunjung *_* salam sukses selalu *_*

Minggu, 19 Januari 2014

Memelihara Rasa Bangga

Seorang profesional harus mempunyai kebanggaan terhadap profesinya. Apapun profesi atau jabatannya, seorang profesional harus mempunyai penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap profesi tersebut. Karena dengan rasa bangga tersebut, ia akan mempunyai rasa cinta terhadap profesinya.

Dengan rasa cintanya, ia akan mempunyai komitmen yang tinggi terhadap apa yang dilakukannya. Komitmen yang didasari oleh munculnya rasa bangga terhadap profesi dan jabatannya akan menggerakkan seorang profesional untuk mencari dan hal-hal yang lebih baik, dan senantiasa memberikan kontribusi yang besar terhadap apa yang ia lakukan.

Menjadi seorang profesional bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk mencapainya, diperlukan usaha yang keras, karena ukuran profesionalitas seseorang akan dilihat dua sisi. Yang pertama adalah sisi teknis keterampilan atau keahlian yang dimilikinya, lalu sisi yang kedua adalah hal-hal yang berhubungan dengan sifat, watak, dan kepribadiannya.

Kedua sisi tersebut tidak boleh saling  ertolak belakang, akan tetapi harus dapat saling melengkapi satu sama lain. Hal ini penting untuk mempertahankan ukuran profesionalitas seseorang tetap pada titik yang seimbang. Demikian pula dalam mengeliminir nilai negatif yang mungkin muncul maka kedua sisi tersebut harus berjalan dengan harmonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar